Cara Berhenti Merokok Dengan Mudah Dan Efektif

Thursday 13 March 2014

Cara Berhenti Merokok Dengan Mudah Dan EfektifAktivitas merokok memang nikmat bagi anda yang sudah terlanjur kecanduan. Tetapi akan sangat terasa menyiksa bagi mereka yang terpapar asap rokok yang anda timbulkan dari aktivitas merokok anda. Bagi mereka yang tidak merokok harus anda paksa untuk ikut menghisap asap rokok anda. Sungguh kasihan mereka yang ada di sekeliling anda. Bagi kesehatan anda sangat buruk dampak nya bagi tubuh kita. Tetapi jika anda ingin berhenti merokok tetapi selalu gagal berikut saya kasih beberapa tips nya.





  • Langsung stop merokok mulai detik ini
Jika anda memang berniat sungguh-sungguh untuk berhenti merokok, janganlah anda beri lagi sebuah kesempatan kepada keinginan anda untuk merokok. Caranya, langsung saja anda stop kebiasaan buruk anda tersebut saat itu juga. Jangan mengurangi sedikit demi sedikit, karena nanti malah kebablasan lagi. Intinya stop total. Jika saat ini anda masih ada sisa stok rokok, buang atau bakar saja. Agar anda tidak terpancing kembali untuk merokok.


  • Niatkan diri anda bahwa anda bertekad kuat untuk berhenti merokok.
Setiap perbuatan, apapun itu pasti akan dimulai dari niatnya. Jika anda memang berniat untuk bebas dari jeratan rokok, yakinlah anda pasti bisa terbebas dari rokok. Jika niat anda memang sudah kuat, kokoh, pasti anda tidak akan mudah tergoda dengan berbagai halangan dan rintangan yang mungkin muncul ketika anda melalui masa-masa sulit berjuang melepaskan diri dari rokok. Jadi, niatkan dulu dengan niat yang sungguh-sungguh.


  • Sibukan diri anda untuk mengalihkan merokok
Biasanya, jika para perokok banyak mempunyai waktu senggang, akan mengakibatkan keinginan untuk merokok sangatlah besar. Jika anda mengisi waktu senggang anda dengan aktivitas, tentu hal ini akan dapat anda minimalisir. Orang yang disibukkan dengan berbagai kegiatan, akan sangat kecil kemungkinan untuk mendapatkan kesempatan merokok. Intinya, jika anda sering bengong, bisa saja keinginan merokok akan datang kembali. 


  • Ganti dengan buah buahan
Ide cerdas yang satu ini memang sudah terbukti efektif bagi banyak perokok yang ingin dan sudah sembuh dari kecanduan rokok. Rasa kecut didalam mulut sering timbul, karena biasanya ketika anda merokok jika rasa kecut itu timbul, anda akan dengan mudahnya mengambil sebatang rokok, kemudian menyulutnya dengan api dan dengan nikmatnya anda menghisap rokok anda. Nah, jika anda ingin mengatasi hal ini, cobalah ganti rokok dengan buah buahan seperti jeruk, apel, mangga dll. , silahkan anda sesuaikan dengan selera masing-masing. Dengan memakan buah tentu saja jauh lebih sehat apabila dibandingkan dengan menghisap asap rokok.


  • Berolahraga secara rutin
Jika anda rajin berolahraga, maka anda akan sehat. Oleh karena itu, anda juga harus mencoba aktivitas yang satu ini. Olahraga itu menyenangkan sekaligus menyehatkan. Kenapa anda tidak tertarik untuk mencobanya? dengan berolahraga rutin setiap hari, atau paling tidak anda menjadwalkan agenda berolahraga beberapa kali dalam 1 minggu, karena bisa jadi anda belum tentu ada waktu untuk dapat berolahraga setiap hari karena kegiatan anda atau karena pekerjaan anda. Intinya, banyak-banyaklah berolahraga.


  • Konsisten dengan keputusan anda untuk berhenti merokok
Jika anda sudah dapat berhenti merokok, katakanlah anda sudah mampu tidak merokok sama sekali selama 2 bulan. Bisa saja anda kembali tergoda untuk merokok lagi. Untuk itulah anda harus konsisten dengan niat anda untuk lepas dari rokok.


  • Berdo'a kepada Allah SWT
Usaha haruslah di sertai do,a. berdoalah kepada Allah SWT. agar usaha anda dalam rangka berhenti merokok diberikan kemudahan dan kelancaran. amin.


semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Salam Sehat.